Senin, 07 Februari 2011

Cara ngeflash W810i R4EA031 dengan menggunakan XS++ dan FAR manager

Tools dan Alat-alat Yang Dibutuhkan :
1. SE W810i
2. Kabel Data DCU-60 (Kabel usb bawaan dari paket pembelian W810i)
3. Far Manager versi 1.70
4. File SEFP.rar
5. XS++
6. USB Flash Drivers
7. File W810_R4EK001_MAIN_GENERIC_HN_RED49.mbn
8. File W810_R4ED001_FS_APAC_RED49.fbn (tidak harus di download, diperlukan hanya untuk Unbranding atau flash total)

Persiapan Awal :
  1. Install USBFlashDrivers dengan cara extract dulu file USBFlashDrivers.rar. Kemudian klik kanan file ggsemc.inf lalu Install. Atau bila anda belum menginstall, maka pada saat anda menancapkan HP anda dengan cara menekan tombol “c” maka akan keluar wizard add new hardware, pilih lokasi file ggsemc.inf, install.
  2. Jika anda belum menginstall USBFlashDrivers maka XS++ tidak akan bisa mengenali HP anda dan pada FAR Manager akan keluar error EPIUSB.sys
  3. Install Far Manager (Biasanya letaknya pada c:\Program Files\Far)
  4. Extract file SEFP.rar ke C:\Program Files\Far\Plugins, apabila ada konfirmasi untuk overwrite, untuk semua file(Yes to all).
  5. Run atau jalankan file sefp0.10.0.51patch.exe yang terletak pada path c:\Program Files\Far\Plugins\SEFP\ kemudian klik do it!
  6. Untuk lebih meminimalkan kesalahan sewaktu flashing, delete semua file yang berekstensi *.ssw kecuali w810_p3k_dcu.49R.ssw (c:\Program Files\Far\Plugins\). w810_p3k_dcu.49R.
  7. Sama dengan langkah diatas, yaitu untuk meminimalkan kesalah sewaktu memilih Script pada saat memakai FAR Manager, didalam path c:\Program Files\Far\Plugins\SEFP\scripts delete semua file kecuali w300_w810_z550_cid49



    Memulai Proses Flashing :
  8. Jalankan XS++.exe
  9. Matikan HP anda. Lepas batrenya sekitar 5-10 detik. Pasang kembali batre kedalam HP tapi HP jangan dihidupkan lagi. Pasang kabel DCU-60 anda ke komputer (HP jangan ditancapkan dahulu ke kabel DCU-60)
  10. Tekan Start pada XS++
  11. Tekan dan tahan tombol “c” pada HP dan sambungkan HP anda ke kabel DCU-60 tetap tekan tombol “c” pada HP dan jangan lepaskan sampai HP Anda dikenali seperti gambar dibawah ini

    Note: lingkaran biru diatas merupakan informasi CID dan db hape anda. Utk gambar ditas menggunakan hp K750 yang merupakan db2010 dan CID49, sama dengan W810i).
  12. Jika pada langkah ini muncul “found new hardware” berarti anda belum menginstall USBFlashDrivers. Install dulu kemudian ulangi langkah persiapan awal langkah pertama.
  13. Beri tanda pada Flash Main Firmware checkbox. Masukkan main f/w “PALSU” w810_p3k_dcu.49R.ssw yg berada pada path c:\Program Files\Far\Plugins\ JANGAN MELAKUKAN PERUBAHAN YANG LAIN!. Kemudian klik Flash
  14. Setelah beberapa detik terjadi proses XS++ akan menampilkan Finishing Flash. Klik Stop, jika ada konfirmasi klik “YES”.

    Note: XS++ akan menampilkan pesan kesalahan “Error : Flashing Failed”, tapi jangan khawatir, sebenarnya sudah berhasil. Ini hanya bug saja dari XS++. Sekarang lepas HP anda dari DCU-60,lepas batre anda sekitar 5-10 detik, kemudian pasang kembali. Tutup atau matikan XS++. Sekarang HP anda tidak akan bisa hidup alias MATOT, karena anda telah mem-flashing dengan main f/w “PALSU”. Tetapi FAR Manager dengan SEFP bisa membaca HP anda.


    MENGGUNAKAN FAR MANAGER DAN SEFP UNTUK MENGAKSES HP ANDA :
  15. Jalankan FAR Manager, kemudian tekan F11. Pilih SEFP 0.10.0.51
  16. Pilih DCU-60 sebagai device, 921600 sebagai speed, dan w300_w810_z550_cid49 sebagai boot script. Tekan Enter The Matrix
  17. Tekan dan tahan tombol “c”, sambungkan HP anda dengan DCU-60
  18. Tahan tombol “c” sampai HP anda dikenali oleh FAR Manager (pada box sebelah kiri akan menampilkan Flash dan FS) Selamat…!!! anda sekarang bisa melakukan customize pada W810i anda. Untuk melakukan customize seperti mengganti driver camera dll, pilih FS . Untuk FLASH tidak dapat dientry karena chip flash yang terdapat di w810 tidak support.
    Contoh jika kita ingin menghilangkan suara kamera, pilih FS kemudian tunggu sekitar 3-5 menit,maka akan tampil folder2 ifs…tpa.kemudian masuk ke path tpa\preset\system\sound disitu akan tampil macem2 file, contoh camerafocus.3gp dan camerashutter,3gp. Delete kedua file tersebut dengan mengklik “8Delete” (berada pada bagian baris paling bawah dari program), tapi terlebih dahulu sebaiknya dibackup dulu dengan mengklik “5Copy”.
    Contoh jika kita ingin mengganti camera driver, masuk ke path ifs\setting\camera\camdriver0.dat (ganti camdriver0.dat dengan camera driver yang sudah anda download dengan nama yang sama yaitu camdriver0.dat). Agar tidak sulit mencari, sebaiknya semua file yang akan anda masukkan ke W810 anda, anda letakkan di c:\Program Files\Far\.
    • Masuk ke path ifs\setting\camera\ (sisi sebelah kanan) disini anda akan menjumpai file camdriver0.dat yang merupakan driver camera anda.
    • Masuk ke dalam C:\Program Files\Far\ (sisi sebelah kiri) dimana telah anda masukkan file camdriver0.dat pada langkah sebelumnya. klik file tersebut dan dragdrop ke sisi sebelah kanan (ifs\settint\camera), jika ada konfirmasi langsung tekan ENTER saja tanpa merubah apapun. Untuk membackup file dari hape ke PC melakukan step yang sama. (Anda bisa membuat folder tersendiri untuk tempat penyimpanan file original HP anda).
    Tips: untuk memblok semua file tekan shift + (numlock), untuk memilih file dari berbagai macam file tekan klik kanan (file yang dipilih akan berwarna kuning) untuk unselect klik kanan kembali (file yang dipilih akan berwarna biru)

    INGAT! Nama driver harus sama dan sesuai dengan nama aslinya, yaitu camdriver0.dat. Berlaku juga untuk yang lain. Anda telah berhasil meng-copy, SELESAI…!!!

    Untuk melakukan copy anda juga bisa melakukan drag & drop, namun anda jangan mengcopy satu buah folder sekaligus, karena FAR Manager akan terjadi HANG(pernah terjadi pada kami) namun jangan khawatir, jika HANG. Tinggal lepas HP anda, lepas batre anda sekitar 5-10 detik.pasang kembali batre anda. Tutup FAR Manager yang HANG. Buka baru FAR Manager, kemudian lakukan lagi langkah 9 sampai selesai.
  19. Jika sudah selesai mengcustomize, keluar sampai Root dengan memilih “..” terus sampai ada konfirmasi “Do you wish to SHUTDOWN CSFSloader”, tekan “YES”. Tutup FAR Manager, lepas HP anda, lepas batre sekitar 5-10 detik, pasang kembali batre anda.


    FLASH MAIN FIRMWARE “ASLI”
  20. Jalankan Kembali XS++ sama dengan langkah awal atau yang pertama, hanya saja kali ini, isi dari Main Firmware diganti dengan W810_R4EA031_MAIN_GENERIC_HN_RED49.mbn.
    JANGAN MELAKUKAN PERUBAHAN YANG LAIN!.
    Kemudian klik Flash Proses ini akan memakan waktu sekitar 2 menit. Setelah Finishing Flash Succesfull, dan ada kata unplug the phone…lepas HP anda, lepas batre anda sekitar 5-10 detik. Pasang kembali batre anda. Hidup kan kembali HP anda.(Seharusnya sudah bisa hidup kembali.) Biasanya setelah Flashing membutuhkan waktu beberapa detik lebih lama pada saat menekan tombol ON. Selamat! Anda sudah berhasil mem-flashing W810i anda.

UNTUK UNBRANDING
= diperlukan utk flash total, atau File sistem mengalami kerusakan berat sehingga file sistem akan diformat standar lagi.
1) Harus punya FILE FS yang sama dengan main f/w(biasanya APAC) utk firmware R4EA031 dapat diperoleh disini W810_R4ED001_FS_APAC_RED49

2) BackUp semua contact, settings, SMS ,dll (pake MyPhoneExplorer)

3) Download custompack W810_CDA102555_101_APAC.zip

4) Ikuti tutorial diatas.pada saat sampai langkah ke-7, pilih flash untuk FS-nya juga.Isi dg file W810_R4ED001_FS_APAC_RED49.fbn, tapi JANGAN BERI TANDA CENTANG PADA Customize File System, karena itu berarti menggunakan brute forcing yg prosesnya bisa berjam-jam…!!!

5) Klik Flash

6) Lanjutkan langkah berikutnya,setelah masuk FAR Manager, letakkan semua custompack w810 pada tpa\preset\custom copy semua filenya disini.(jangan sampai salah path, sekali lagi di tpa\preset\custom)

7) Jalankan lagi sesuai tutorial diatas sampai selesai.dan pada saat langkah terakhir mengembalikan main f/w “ASLI”, JANGAN FLASH ULANG FS-nya! Atau semua settingan anda akan hilang dan kembali ke standar dan file anda dalam phone memory kan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar